Posted by : Unknown 3 Oktober 2013


Berikut adalah artikel tentang seseorang yang berhasil menemukan pensil untuk pertama kalinya di dunia. Orang ini menjadikan proses menggambar menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat :











Orang yang pertama kali membuat pensil dengan campuran bubuk grafit dan tanah liat adalah seorang Insinyur dari Prancis, namanya Nicolas-Jacques Conte. Pada awalnya pensil hanya terbuat dari grafit (barang tambang yang warna, bentuk dan rupanya hitam seperti arang). Pensil grafit ini gampang sekali patah. Terlalu halus, lembut dan cepat kotor.

Karena tidak praktis dan menyulitkan, Insinyur Nicolas-Jaques Conte membuat pensil dari campuran bubuk granit dengan tanah liat yang dilapisi kertas dan kayu. Beliau juga membentuk campuran itu menjadi batangan dan membakarnya dalam perapian.

Hasilnya, pensil menjadi nyaman dan mudah digunakan. Dari percobaannya itu, Insinyur Nicolas berhasil juga membuat isi pensil yang menghasilkan berbagai gradasi warna hitam dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liatnya. Pada abad ke-19, pensil menjadi bisnis industri besar. Tak lama setelah itu, muncul pabrik-pabrik besar yang memproduksi pensil. Sampai dengan abad ke-20, anak-anak sekolah masih menggunakan pensil sebagai alat tulis. Nah, saat ini kawan bisa melihat berbagai variasi warna isi pensil. Pensil jenis ini dikelompokkan ke dalam kategori pensil warna.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

-Seni adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang bepergian tanpa meninggalkan rumah-

Digital Clock

Visitors

Chat With Us

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Technologic ART -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -