Posted by : Ian Wjy 2 Oktober 2013


Seni Graffiti merupakan sebuah seni visual yang sangat menarik dan unik. Tidak banyak orang yang dapat mengapresiasi karyanya melalui lukisan Graffiti ini. Tingkat kerumitan dan kreativitas dalam karya ini sangat dibutuhkan. Berikut artikel buat kawan - kawan mengenai Graffiti :

Tentang Graffiti

Grafiti (juga dieja graffity atau graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Sejarah Graffiti

Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.

Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Fir'aun) setelah dimumikan.

Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Graffiti Pada Zaman Modern

Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.

Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.

Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali kariernya dari kegiatan grafiti.

Fungsi Graffiti

  • Bahasa rahasia kelompok tertentu. 
  • Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial. 
  • Sarana pemberontakan. 
  • Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial. 
  • Sarana ekspresi seni. 
  • Tanda suatu kelompok (logo). 
Jenis Graffiti

a. Gang Graffiti


Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang terjadi di dalam gang itu.

b. Tagging Graffiti


Yaitu jenis graffiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak graffiti jenis ini bertebaran, maka makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu grafiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya. Semacam tanggung jawab karya.

Contoh Gambar Graffiti









Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

-Seni adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang bepergian tanpa meninggalkan rumah-

About Me

Foto saya

I'm a boy who want to be a Drummer like Cobus Potgieter and Travis Barker

Digital Clock

Visitors

Chat With Us

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Technologic ART -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -