Posted by : Unknown 24 Maret 2014

Mungkin sebagian dari kawan - kawan ART sudah nggak asing lagi dengan istilah doodle. Doodle jika diartikan secara harfiah ke bahasa Indonesia berarti "mencoret". Mencoret merupakan hal yang paling gampang dan sangat mudah dilakukan, dengan media untuk menulis seperti kertas, pulpen dan pensil, kita dapat mengkreasikan fikiran dan menuangkannya sehingga dapat menghasilkan sebuah coretan yang dapat di sebut sebuah karya. Kegiatan "mencoret" seperti ini juga sering disebut dengan doodling.

Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna tetapi juga ada yang bermakna. Terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar ataupun bentuk yang jelas namun terlihat unik dan menarik.


Sebuah karya doodle biasanya melukiskan perasaan si pembuatnya. Bisa terlihat dari goresan - goresan yang dihasilkan. Terkadang keluar dan tertuang tanpa disadari oleh pikiran kita. Doodle art kadang mampu menenangkan hati si pembuatnya. Semakin di buat dengan sepenuh jiwa dan perasaan, karya yang dihasilkan semakin menarik, unik dan bermakna dalam, dan itu akan membuat karya doodle tidak sekedar jadi hobi corat - coret, tetapi juga mempunyai kedalaman makna dan gaya dan tentu saja memiliki nilai karya seni.

Doodle Art juga memiliki sejarahnya. Kawan ART pasti tahu kan coret - coretan yang terdapat di gua - gua jaman dahulu? Itu merupakan salah satu gaya doodle art tertua. Bahkan sebelum orang mengenal tulisan, doodling dijadikan alat untuk menceritakan sebuah kisah turun - temurun.



Sekarang, Doodle art semakin berkembang, bentuknya yang abstract dan memiliki keunikan tersendiri yang membuat pembuatnya semakin bertambah dari hari ke hari. Bahkan tanpa disadari kita sering menghasilkan karya doodle, contohnya saat kawan merasa bosan pelajaran dikelas, pastinya sering mencoret - coret di kertas tulis kan? Coretan tersebut bisa dikatakan adalah doodle art.


Doodle art adalah sarana berkarya dan berkreatifitas yang mudah, murah dan juga meriah. Tidak perlu kertas khusus seperti kanvas, di bungkus rokok sekalipun bisa dilakukan. Semua kembali ke pembuat doodle art itu sendiri dalam memilih peralatan dan gaya doodling yang nyaman bagi dirinya.

Kini gaya doodle art ini banyak dipakai sebagai salah satu elemen dalam desain grafis, kawan bisa melihat baliho - baliho iklan handphone, TV, dsb. Tidak jarang mereka menggunakan elemen - elemen doodle. Dengan menggunakan unsur doodle art, pesan yang disampaikan dalam karya lebih terkesan bersahabat, santai, dan manusiawi dan juga lebih keren.








Cukup sekian informasi yang ART rangkum dari sumber di bawah. Informasi ini juga cuma diberi buat kawan semua. Semoga dapat menambah wawasan bagi kawan semua. Setiap orang pasti dapat berkarya, baik dengan cara apapun dan hasil yang seperti apapun. Itulah seni dan itulah karya seni. 


sumber : http://www.desainstudio.com/2012/04/mengenal-doodle-art.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

-Seni adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang bepergian tanpa meninggalkan rumah-

Digital Clock

Visitors

Chat With Us

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Technologic ART -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -